Translate

Minggu, 15 Desember 2013

Jamur yg dapat dimakan

Jamur yang dapat dimakan
Hanya, TUHAN kiranya memberikan kepadamu akal budi dan pengertian dan membuat engkau menjadi pemegang perintah atas Israel, supaya engkau memelihara Taurat TUHAN, Allahmu. 1 Tawarikh 22:12

Untuk mencegah salah makan jamur yang menyebabkan keracunan, maka ada baiknya kita mengenali berbagai jenis jamur , yang rasanya lezat dan tentunya tak beracun. 

1. Jamur tiram. Jamur ini warnanya putih dan sudah banyak dibudidayakan oleh petani. Rasanya lezat dan mirip daging ayam. Bentuknya mirip tiram laut, lebar dan bergerombol. 

2. Jamur shitake. Jamur shitake warnanya agak kecoklatan, dengan bentuk pendek gemuk. Rasanya juga lezat, dan kaya protein serta asam amino. 

3. Jamur enoki. Jamur ini biasanya dijual di mal tertentu. Bentuknya panjang bergerombol mirip kecambah dengan kepala mirip jamur kancing. Warnanya putih dan kerap digunakan sebagai teman makan sabu-sabu, hidangan khas Jepang. 

4. Jamur kancing. Jamur ini bentuknya mirip kancing bundar, berwarna putih. Rasanya lezat dimasak dalam berbagai hidangan seperti pizza, sup, dll. 

5. Jamur kuping. Warna jamur ini coklat agak gelap, dan bentuknya mirip kuping dengan tekstur tak teratur. Rasanya lezat saat dimasak menjadi sup. Sering dijual di pusat perbelanjaan dalam keadaan kering.

Berikut ini beberapa jamur liar yang dapat dimakan. Informasi ini bisa memperkaya database tentang jamur yang bisa dimakan, dan mungkin juga bisa dibudidayakan. Sehingga jamur yang ada dipasaran tidak hanya didominasi oleh tiram atau merang saja. Semoga bermanfaat.




1.  Pleurotus ostreatus



CAP: 4-15cm dengan diameter. Mulai cembung kemudian menjadi diratakan atau sedikit tertekan ginjal ke shell berbentuk tubuh buah memiliki halus, pucat ke gelap keabu-coklat permukaan dengan margin inrolled. Margin menjadi bergelombang dengan usia. Stipe: Lateral, eksentrik atau dasar (kadang-kadang tidak ada) dengan dasar wol. INSANG / pori-pori: Insang yang kekuningan menjadi putih dan decurrent. DAGING: tebal dengan bau yang menyenangkan yang berbeda. Spora: Lilac, sub-berbentuk silindrik. HABITAT: Dalam cluster berlapis pada pohon berdaun lebar mati dan hidup. Kadang-kadang sangat banyak. MUSIM: Sering. Musim gugur ke musim dingin awal. Dpt dimakan: Edible - salah satu yang terbaik.






2. Clitocybe nuda
Sejenis jamur kayu umumnya dianggap sebagai dimakan baik, tetapi mereka diketahui menyebabkan reaksi alergi pada individu yang sensitif. Hal ini sangat mungkin jika jamur yang dikonsumsi mentah, meskipun reaksi alergi dikenal bahkan dari sejenis jamur dimasak. Sejenis jamur kayu mengandung trehalosa gula, yang dimakan bagi kebanyakan orang.
Sejenis jamur dapat dimakan sebagai saus krim atau tumis di mentega, tetapi penting untuk tidak memakannya mentah, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Mereka juga dapat dimasak seperti babat atau mengisi omelet, dan sejenis jamur kayu juga membuat kesal jamur yang baik [8] Mereka memiliki rasa yang kuat, sehingga mereka menggabungkan dengan baik dengan daun bawang atau bawang


3. Helvella lacunosa
Spesies ini dimakan dan dianggap tinggi oleh beberapa memasak setelah, meskipun batang tidak dimakan. [4] buku panduan Beberapa daftar sebagai dimakan, [8] [9] belum genus ini sekarang dianggap dengan kecurigaan karena adanya senyawa beracun pada spesies yang berkaitan. Telah dilaporkan menyebabkan gejala gastrointestinal bila dimakan mentah.






4. Boletus edulis

Merupakan jamur yang cukup berkelas. Digunakan dalam berbagai makanan dan seringditemui pada sup, pasta dan risotto. Jamur ini mengandung karbohidrat, kaya akan protein,vitamin, mineral dan serat serta rendah lemak.Meskipun
dimanfaatkan secara komersil, kultivasi jamur ini sangat sulit. Dapatdiperoleh langsung pada musim gugur di daerah Eropa tengah, utara dan selatan yangkemudian dikeringkan, dikemas dan didistribusikan keberbagai daerah.





5. Cantharellus cibarius



Jamur ini berwarna jingga atau kuning, kenyal dan berbentuk mirip corong. Di bawah "topi", tekstur jamur terlihat bergelombang. Jamur ini berbau seperti buah aprikot dan terasa sedikit pedas, jamur ini sangat baik untuk dimakan. Riset mengatakan jamur ini memiliki sifat insektisida yang tidak mematikan bagi manusia namun dapat melindungi jamur dari serangga dan bakteri.





6. Agaricus bisporus




Jamur kancing dijual dalam bentuk segar atau kalengan, biasanya digunakan dalam berbagai masakan Barat seperti omelet, pizza, kaserol, gratin, dan selada. Jamur kancing segar bebas lemak, bebas sodium, serta kaya vitamin dan mineral, seperti vitamin B dan potasium. Jamur kancing juga rendah kalori, 5 buah jamur ukuran sedang sama dengan 20 kalori.




7. Flammulina velutipes

Jamur ini banyak digunakan dalam berbagai masakan sup dalam Jepang, Korea, masakan Cina, dan Vietnam.[1] Jamur mempunyai tekstur garing dan aroma yang segar.[1] Bagian akar perlu dipotong sebelum digunakan dalam masakan.[1] Jamur segar tahan disimpan di lemari es sampai satu minggu.[1] berfungsi sebagai penurun tekanan darah dan juga penurun kolestrol.[2] Penelitian juga menginformasikan bahwa Enokitake berguna dalam perawatan lymphomia dan kanker prostat.[2] Jamur ini juga tidak mengandung gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan juga dapat dijadikan pilihan bahan makanan untuk diet.[1]










9.Armillaria mellea



Armillaria mellea adalah jamur yang digunakan dalam jamu tradisional untuk membantu tidur. Grape Raja Bio menggunakan bioreaktor untuk fermentasi miselium. Ekstrak miselium fermentasi mengandung komponen aktif Melledonal C dan Armillaridin, dan dapat mencegah gangguan penglihatan, rabun senja dan penyakit lainnya. 







10. Tricholoma magnivelare










Matsutake tumbuh di bawah pohon dan biasanya tersembunyi di bawah daun-daun jatuh dan duff di lantai hutan . Ini membentuk hubungan simbiosis dengan akar sejumlah jenis pohon. Matsutake diketahui tumbuh di Cina , Jepang , Korea , Kanada , Finlandia , yang Amerika Serikat ,Swedia , antara negara-negara lain. Di Jepang paling sering dikaitkan dengan Red Pine Jepang . [4]







13. Morchella deliciosa


Jamur ini memiliki tubuh buah dengan ukuran 6,5-18 cm, sedangkan spora yang dimilikinya berukuran 20-26 x 12-16 µm.[1] M. esculenat dapat ditemukan hidup sendiri, namun lebih sering berkelompok atau berkeruman dalam suatu berbagai habitat, terutama pada batu kapur   salah satu spesies jamur yang dapat dikonsumsi dari golongan ascomycota








14. Coprinus comatus

Sebuah jamur halus dan berumur pendek, tubuh buah berlangsung hanya beberapa jam sebelum melarutkan ke dalam tinta hitam - proses yang disebut deliquescence. 

Harus dimasak sesegera mungkin setelah panen atau topi pertama akan berubah menjadi gelap dan tak menimbulkan selera, kemudian deliquesce dan beralih ke tinta. ...




tapi semuanya klo nggak yakin jangan dimakan..mendingan makan makanan yang laen 


ajaa..


Aneka Jenis Jamur Yang Bisa Diolah Jadi Hidangan Lezat

Saat ini banyak jenis jamur dijual di pasar tradisional maupun supermarket. Jamur pangan ini mengandung sejenis sterol yang dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar. Berikut ini beberapa jenis jamur yang dapat dikonsumsi manusia.
1. Jamur Tiram
Jamur tiram sangat banyak dijual di pasaran. Bentuknya putih, lebar dan bergerombol. Banyak ibu menyukai jamur ini untuk dijadikan hidangan jamur crispy yang renyah dan gurih. Selain itu jamur tiram juga bisa dikreasikan dengan sambal lho.

2. Jamur Kancing
Selain jamur tiram, jamur kancing juga mudah ditemui di supermarket. Bentuknya bulat mirip kancing dan sering dikreasikan dalam masakan seperti lumpia isi kornet jamur atau masakan Barat sejenis pastry seperti puff pastry with chicken and mushroom sauce.




3. Jamur Merang
Jamur berbentuk bulat telur ini tidak mudah berubah bentuk saat dimasak. Selain itu rasanya enak dan gurih. Kandungan proteinnya cukup tinggi, sekitar 3,2 gram protein per 100 gram jamur. Jamur merang dapat dimanfaatkan untuk masakan sederhana seperti orak-arik telur jamur merang. Untuk Anda yang membutuhkan kalsium, tidak ada salahnya lho mengonsumsi jamur ini, karena kandungan fosfor dan kalsiumnya juga bermanfaat bagi tubuh.

4. Jamur Kuping

Meski warnanya coklat dan nampak basah, namun jamur kuping sangat enak untuk disantap. Bentuknya tipis dan kenyal dan biasanya dijual dalam dua bentuk, basah ataupun kering. Jamur kuping kering memiliki bentuk yang lebih menyusut dan keras. Jamur ini dapat mengurangi panas dalam, bisa Anda kreasikan menjadi es jamur kuping atau membuat cah brokoli jamur.


5. Jamur Shitake
Jamur shitake banyak digunakan dalam masakan Jepang seperti udon seafood. Namun untuk mengonsumsi jamur shitake, perlu diwaspadai karena jamur ini mirip dengan jamur beracun ''Omphalotus guepiniformis''. Jadi bila Anda ingin membeli jamur shitake, sebaiknya lebih teliti karena kedua jamur ini sangat mirip.



SEMOGA BERMANFAAT TERIMA KASIHHH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar