Translate

Jumat, 21 Juni 2013

Jamur beracun

Jenis Jamur yang beracun


Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.Ams 1:7



Ini ciri ciri jamur yang beracun

Warna Jamur yang Terang
Ini salah satu peringatan untuk cewek-cewek yang cenderung mengkonsumsi makanan hanya karena terlihat ‘lutchu’. Tunggu dulu, karena warna terang pada jamur memunyai warna yang mencolok semisal merah-darah, hitam-legam, biru-tua ataupun warna-warna lainnya. biasanya adalah salah satu tanda jamur tersebut beracun. Jadi jika Anda menemukan jamur yang warnanya terang dan sedikti mencolok, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsinya.
Jamur yang Mengandung Sulfida (menghasilkan bau yang menusuk hidung)
Salah satu cara untuk mengenali jamur beracun adalah dengan mengetahui senyawa yang terdapat di dalamnya. Kebanyakan jamur berancun mengandung sulfida, dan juga menyebabkan bau yang tidak sedap pada jamur tersebut. Selain dari sulfida, bau tidak sebab yang ada pada jamur juga bisa disebabkan oleh zat cianida. Lalu apakah Anda harus membawa semua jamur Anda ke labolatorium dulu sebelum dimakan? Tidak juga. Karena tanda-tanda jamur yang mengandung sulfida dan cianida adalah jamur tersebut tidak dihinggapi oleh serangga atau binatang kecil lainnya.
Pada Pangkal Batang Terdapat Cincin
Hammpir semua jamur beracun yang berbahaya memiliki satu kesamaan ciri fisik ini: Memiliki cincin pada bagian pangkal batangnya. Dari semua jamur yang memiliki cincin pada pangkal batangnya, hanya jamur merang saja yang tidak beracun dan dapat dimakan.

Tumbuh di tempat kotor
Jenis jamur beracun umumnya tumbuh pada tempat yang kotor, tempat pembuangan sampah, kotoran kandang, dan sebagainya. Walaupun untuk penanaman dan pemeliharaan jamur kompos justru dipakai kotoran kandang/ kotoran kuda.

Bekas Berwarna Saat Dipotong
Salah satu tanda lain untuk mengenali jamur beracun adalah bekas pada benda pemotongnya. Jamur beracun ketika dipotong meninggalkan bekas pada pisau yang terbuat dari perak. Bekas yang ditinggalkan oleh jamur yang beracun biasanya berwarna biru atau hitam. Jika Anda mendapati jamur yang meninggalkan bekas pada pisau Anda, sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsinya.

Bau Tidak Sedap yang Menyengat
Salah satu tanda jamur beracun yang paling mudah dikenali adalah bau yang dikeluarkannya saat Anda pegang. Beberapa jamur beracun mengeluarkan bau tidak sedap yang sangat menyengat, yang hampir sama dengan bau telur yang sudah busuk. Jamur yang berbau busuk seperti ini adalah tanda bahwa jamur tersebut beracun



Dan ini ada beberapa contoh jenis jamur yang beracun

Namun perlu juga diwaspadai, ada jenis jamur yang tergolong tanaman yang paling beracun di dunia. Bentuknya yang indah dapat mengelabuhi korbannya. Berikut beberapa jamur beracun yang memiliki bentuk dan warna yang menarik:



a. Amanita Muscaria

Jamur beracun ini masuk dalam kelas basidiomycota. Dia mempunyai warna yang beragam, seperti jingga, kuning, merang, dan putih. Amanita Muscaria mempunyai cirri yang unik yakni bercak-bercak putih pada bagian kepala.

Dampak memakan atau menghirup racun jamur ini adalah diare, muntah-muntah, koma dan vertigo. Pada batang jamur ini terdapat senyawa asam iboterat dan muscimol yang dapat membuat manusia mengalami halusinasi dan psikoaktif. Amanita Muscaria dapat hidup di cuaca yang dingin seperti di wilayah kutub.




b. Hydnellum Peckii

Bentuknya memang menarik dan ingin sekali untuk dimakan, sayangnya jamur ini tidak dapat dikonsumsi manusia. Hydnellum peckii dapat dijumpai di wilayah Amerika Utara, Iran, Korea dan Eropa. 




c. Gyromitra Esculenta

Jamur ini juga dikenal sebagai jamur otak, dapat ditemukan di Amerika Utara dan Eropa.  Jamur ini subur di tanah yang penuh dengan pasir. Jamur ini memiliki dampak buruk bila dimakan langsung, namun orang-orang di Eropa Timur dan Amerika Utara dapat memasaknya menjadi makanan yang lezat



d. Hericium Erinaceus


Nama lain dari jamur ini adalah jamur surai singa. Merupakan satu kelas dengan jamur merang. Jamur surai singa ini bermunculan di musim gugur dan akhir musim panas. Hericium Erinaceus dapat ditemui di kayu beech amerika.

Sekian ulasan tentang jamur indah dengan racunnya yang perlu diwaspadai, semoga bermanfaat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar