Translate

Kamis, 02 Mei 2013

Manfaat Akar, Kuntum bunga dan Kulit Pepaya





Anak-anakpun sudah dapat dikenal dari pada perbuatannya, apakah bersih dan jujur kelakuannya.(amsal 20: 11)

Orang benar yang bersih kelakuannya--berbahagialah keturunannya. (Amsal 20;7)


Sesi ini sesuai janjiku aku akan membahas kelanjutan informasi manfaat buah pepaya yang merupakan sumber gizi yang baik, harganya pun relatif murah. Hampir seluruh bagian tanaman pepaya dapat manfaat buah pepaya baik sebagai bahan pangan maupun untuk bahan obat dan industri.Mulai dari akar, batang, daun, kuntum bunga, buah, kulit pohon, sampai getahnya. nah sekarang aku selesaikan sampai semua dari pohon pepaya ini yang sangat bermanfaat semuanya bagi kehidupan kita ok kita langsung ya  .... berikut beberapa manfaat dari Pepaya



3. Manfaat Akar Pepaya
akar. Bagian ini biasanya digunakan untuk  sakit kandung kemih, tekanan darah tinggi, digigit serangga, dan encok...
a.Untuk obat cacing (cacing kremi)
gunakan akar pepaya kering 10 gram, bawang putih 1 gram, dan air 100 ml. Bahan dipotong-potong, kemudian dididihkan dengan air selama 15 menit, baru disaring. Bila perlu, tambahkan air matang sehingga diperoleh hasil saringan 75 ml.

b.Sebagai minuman penyegar
ambil dua potong akar dan satu lembar daun pepaya. Kedua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian direbus dengan satu liter air sampai mendidih, lalu saring. Bila perlu, campurkan madu atau jahe agar rasanya lebih segar.

c.Untuk mencegah risiko batu ginjal  


4. Manfaat bunga/kuntum pepaya
Sebenarnya manfaat bunga pepaya sama saja dengan daunnya, 
Adapun kuntum bunga pepaya biasa dibuat sayur lodeh dan pecel. Kuntum ini dapat merangsang nafsu makan.



5. Manfaat biji pepaya :
Biji pepaya tak dapat disepelehkan manfaatnya, selain bisa dijaadikan bibit untuk ditanam lagi juga bisa dijadikan obat yang sangat berkhasiat. 

  • Biji Pepeya sebagai antibakteri. Penelitian telah dilakukan dan menemukan kalau biji pepaya ternyata efektif membasmi E. coli, Salmonella, dan infeksi Staph.
  • Biji Pepaya dalam  perlindungan ginjal. Penelitian telah menemukan kalau dari ekstrak biji pepaya dapat melindungi ginjal dari racun-diinduksi gagal ginjal.
  • Biji Pepaya dalam menghilangkan Parasit usus. Ada bukti bahwa biji pepaya membasmi parasit usus. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada anak-anak Nigeria dengan parasit usus, 76,7% dari anak-anak bebas parasit setelah tujuh hari pengobatan dengan biji pepaya dibandingkan dengan hanya 16,7% dari anak-anak yang menerima plasebo.
  • Biji Pepaya basmi Racun hati. Dalam pengobatan di negeri Cina diyakini kalau sesendok teh biji pepaya dapat membantu detoksifikasi hati. Biji pepaya juga sering direkomendasikan oleh para dokter secara alami dalam pengobatan pada sirosis hati. 
  • Biji Pepaya atasi cacingan. Penyakit memalukan ini juga sangat baik dibasmi dengan biji pepaya, bahkan sangat ampuh katanya.(Manfaat Pepaya : Daun, Bunga, Biji, Akar, Getah, dan Kulit Pepaya)
Perhatian: Bagi yang ibu hamil jangan sekali-kali mengkomsumsi biji pepaya sebagai obat karna akan menyebabkan resiko keguguran. 


6. Manfaat kulit pepaya :
Pada dasarnya kandungan kulit pepaya kurang lebih sama dengan daging buahnya. Hanya saja, kulit buah pepaya mengandung enzim papain yang jauh lebih dominan terutama pada kulit buah yang masih muda. Kandungan pektin ini terlihat jelas pada Milky Latex atau getah putih kulit buah pepaya yang mengucur deras saat kita menggores bagian kulit. Milky latex ini jumlahnya akan semakin berkuran saat buah pepaya semakin matang. Selain enzim papain, kulit pepaya juga mengandung alkaloid karpina, glukosid, saponin, sakrosa,dextrosa dan lain-lain.

Cacing sendiri dikategorikan sebagai proteon yang tak terlindungi selaput sehingga jika terkena papain bisa terurai dan menghindar dan keluar melalui lubang anus. Papain memang dikenal mampu melemaskan cacing dengan cara merusak protein pada tubuh cacing. Kandungan kulit pepaya terutama papain tentu membuat kita berpikir dua kali jika hanya menjadikannya limbah. Sebab manfaatnya cukup siginifikan.
Mencermati kandungan kulit pepaya tersebut, wajar jika kemudian kulit pepaya juga bisa untuk dimakan dalam kondisi ia bebas dari bahan kimia. Kulit pepaya telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat Papua Nugini. Tidak hanya dikonsumsi, tetapi juga digunakan sebagai bahan penyembuh untuk menanggulangi ruam kulit, kulit yang terbakar sinar matahari berlebihan, dan mampu menghilangkan noda hitam pengganggu di wajah. 


7. Manfaat Getah Pepaya :
a.Untuk obat luka bakar maupun gatal-gatal di kulit (sebagai obat luar). Oleskan getah dari buah pepaya yang masih muda. Agar tidak terjadi infeksi, bersihkan dulu kulit sebelum diolesi.

b.Sebagai pelunak daging,daun pepaya dapat langsung digosok-gosokkan pada permukaan daging. Penggosokan daun pada daging tersebut dimaksudkan untuk mengeluarkan getah (lateks) yang terdapat pada daun agar keluar, kemudian masuk dalam daging.




Demikian artikel Manfaat Pepaya : Daun, Bunga, Biji, Akar, Getah, dan Kulit Pepaya semoga membantu. Jangan lupa komentar anda soal Manfaat Pepaya : Daun, Bunga, Biji, Akar, Getah, dan Kulit Pepaya. 

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda



Tidak ada komentar:

Posting Komentar